Bagaimana Cara Berpikir Seperti seorang Pemain Catur

Pada tahun 1972, catur menjadi politis, dan dunia memperhatikan. Pada puncak perang dingin, anak ajaib AS Bobby Fischer pergi ke Islandia untuk memainkan Juara Catur Dunia yang membela dari Uni Soviet, Boris Spassky. Soviet telah mendominasi permainan ini selama beberapa dekade, namun karena reputasi Fischer dan meningkatnya ketegangan antara kedua negara, ini dipuji sebagai medan pertempuran intelektual bagi negara adikuasa.

Fischer mulai lamban, tapi setelah beberapa tikungan belokan, ia menyerahkan kekalahan Spassky. Pertemuan tersebut dikenang sebagai “Pertandingan Abad Ini.” Itu adalah titik penting dalam sejarah pertandingan.
Catur diperkirakan pertama kali berasal dari bentuk awalnya lebih dari 1.500 tahun yang lalu di India atau China. Varian modern telah ada sejak setidaknya abad ke-15.

Catur yang dimainkan oleh hobi rata-rata, bagaimanapun, jauh berbeda dengan catur yang dimainkan oleh para profesional. Sebenarnya, di luar potongan yang bergerak di permukaan, ini hampir merupakan permainan yang sama sekali berbeda. Kata strategi berarti sesuatu yang berbeda dari Anda daripada Fischer.
Meski begitu, walaupun Fischer memiliki pengaruh paling signifikan terhadap pertumbuhan permainan, ketika sampai pada judul permainan terhebat yang pernah ada, dia menghadapi perlawanan sengit dari pemain ajaib Soviet yang berbeda yang akan menyerbu ke tempat kejadian satu dekade setelah dia berhenti.

baca juga :

Garry Kasparov menjadi Juara Catur Dunia termuda di usia 22, dan saat ia pensiun, ia berada di peringkat pertama selama 225 bulan dari 228 orang.
Pada tahun 2007, ia menerbitkan sebuah buku berjudul How Life Imitates Chess. Ini adalah wawasan ke dalam pikiran ahli strategi master, dan ini menunjukkan kepada kita penerapan prinsip catur yang lebih dalam di luar dewan.
Strategi yang bagus meningkatkan peluang untuk mendapatkan dari A ke B ke Z. Mari kita lihat bagaimana caranya.
Ajukan Pertanyaan yang Tepat untuk Sempit Fokus
Kasparov besar dalam mengajukan pertanyaan yang tepat saat menyusun strategi. Dalam kata-katanya:

“Pertanyaan adalah apa yang penting. Pertanyaan, dan menemukan yang benar, adalah kunci untuk tetap berada di jalur. “

Saat pemain pemula bermain catur, fokus utamanya adalah pada apa yang harus dilakukan dengan potongan di depannya. Ketika profesional bermain catur, fokus utama mereka adalah pada bagaimana lawan mereka berpikir.
Pemain pemula bisa mencoba dan memvisualisasikan beberapa langkah di depan, tapi kebanyakan hanya bereaksi terhadap papan. Tidak ada cukup kedalaman dalam gaya permainan mereka untuk menyadari bagaimana gerakan di bagian awal permainan dapat mempengaruhi dinamika pada tahap selanjutnya.
Di dunia profesional, fakta sederhana ini – bahwa setiap langkah, pada titik tertentu, dapat menentukan kelebihan atau kekurangan pada tahap selanjutnya – membuat permainan menjadi lebih kompleks.
Ada begitu banyak potensi bergerak yang masuk akal sehingga menjadi kurang tentang menghitung permainan yang tampaknya optimal dalam jangka pendek daripada tentang memahami maksud lawan Anda dalam jangka panjang.
Seorang pemula mencari jawaban tentang bagian mana yang harus dipindahkan berdasarkan struktur papan tanpa memikirkan alasan di balik struktur itu. Seorang profesional berusaha untuk mengajukan pertanyaan yang tepat untuk memahami proses lawan mereka sehingga mereka bisa mengetahui apa yang harus dicari.
Penting untuk dicatat bahwa, baik dalam catur atau kehidupan, di dunia yang dinamis, jawaban atas pertanyaan umum berubah seiring berjalannya waktu. Pertanyaan umum berlapis dan ambigu, dan mereka memiliki lebih dari satu jawaban. Bisa mudah tertipu dengan apa yang ada di permukaan. Garis antara kebisingan yang tidak relevan dan informasi yang relevan tidak jelas, dan seringkali, kita tidak menyadarinya.
Pendekatan terbaik, kemudian, bukan untuk memulai dengan mencari jawaban di lautan kebisingan, tapi ini tentang memiliki kerangka kerja untuk memangkas lemak sehingga kita dapat zona di pada apa yang penting.

“Apa yang sebenarnya Anda coba capai dan bagaimana kinerja Anda mencapai itu?”

Mulai dari sana. Akhirnya, jika Anda mengajukan pertanyaan yang cukup banyak, Anda bisa pergi dari lingkungan yang sangat bising, di mana tidak ada solusi yang jelas atau ilusi solusi untuk lingkaran lokalisasi yang lebih kecil dan lebih sempit dimana Anda hanya memiliki alat pengambilan keputusan yang relevan yang tersisa. menggunakan.
Bagian terpenting dari strategi apa pun adalah pemahaman tentang misi sebenarnya. Tidaklah cukup untuk menghasilkan keuntungan sebagai usaha kecil atau untuk mendapatkan nilai A sebagai siswa. Ini tentang menggali lebih dalam untuk memahami inti “mengapa” dan pertanyaan yang tepat membantu melakukan hal itu.
Perhitungan Saldo dengan Imajinasi
Rahasia kesuksesan umat manusia terletak pada kenyataan bahwa kita telah membangun kecerdasan kolektif dari seluruh spesies kita. Setiap generasi tidak harus memulai dari nol karena kita bisa menyampaikan pengetahuan melalui penggunaan sistem bahasa kita yang kompleks. Tidak ada hewan lain yang memiliki kemampuan ini.
Akibatnya, modus penalaran default kita adalah membangun apa yang kita ketahui. Kami menghitung berdasarkan apa yang kami pahami tentang masa lalu, dan kami men-tweaknya untuk membuat perubahan tambahan yang membimbing kita ke masa depan yang tidak menentu. Sebagian besar waktu, ini bekerja dengan baik.
Yang mengatakan, metode ini juga memiliki kekurangan. Bila kita hanya mengandalkan penalaran dari paralel yang ada, kita berkontribusi pada bias terhadap pola yang ada, dan secara instingtif kita menghilangkan kemungkinan yang baru. Masa depan tidak ditentukan sebelumnya, tapi ketika kita menghitungnya berdasarkan apa yang kita ketahui, kita membuatnya begitu. Imajinasi memperluas kemungkinan yang menyempit ini.
Masa depan tidak ditentukan sebelumnya, tapi ketika kita menghitungnya berdasarkan apa yang kita ketahui, kita membuatnya begitu. Imajinasi memperluas kemungkinan yang menyempit ini.
Catur secara tradisional dibagi menjadi tiga bagian: opening, middlegame, dan endgame. Setiap siswa sejati dari permainan membaca buku, menganalisis contoh-contoh masa lalu, dan diinstruksikan pada pola dan taktik yang terkenal selama setiap bagian. Sebenarnya, ada langkah-demi-langkah bermain di tempat yang hampir diperkirakan bahwa jika lawan melakukan satu hal, Anda bereaksi dengan yang lain.
Pemain yang baik mempelajari hal-hal ini, dan dalam permainan, mereka bisa mengenali isyarat yang tepat dan memanfaatkan lawan mereka dengan menggunakan taktik yang telah mereka pelajari.
Namun, para pemain hebat mengenali pola yang sama ini, namun mereka tahu bahwa mereka bermain melawan orang lain yang telah menghabiskan waktu mereka untuk belajar bermain serupa, dan mereka tidak selalu menggunakan taktik lama itu. Terkadang, mereka melihat ke masa depan dan mengisi kesenjangan dengan cara baru.
Semua ini tidak masuk akal. Ini hanya metode penalaran mundur dari mana kita ingin berakhir daripada menggunakan masa lalu untuk menggerakkan kita dalam arah yang dapat diprediksi. Kasparov menyebut ini sebagai kekuatan fantasi, dan bila ini terjadi, hasilnya adalah cara baru untuk melakukan yang lama, dan begitulah permainannya berkembang. Perhitungan panduan kemajuan, namun imajinasi mengkatalisis inovasi.
Kami terbiasa dengan metode yang ada, dan kami memiliki kecenderungan untuk menganggap bahwa itu satu-satunya jalan ke depan. Jika dilakukan dengan cara ini atau dengan cara itu, kita secara intuitif berpikir bahwa ini adalah alasan yang tidak perlu diragukan lagi, jadi inilah jalan yang kita ambil. Itu bukan rute yang optimal untuk menghasilkan lompatan besar.
Dunia selalu berubah, dan untuk mengubahnya, kita harus menantang status-quo dan bahkan kepercayaan kita sendiri yang telah lama dipegang teguh. Kita harus rela membayangkan masa depan dan alasan kita terbelakang. Begitulah cara kita melewati inefisiensi dan menemukan peluang tersembunyi.

Leverage Kekuatan untuk Memaksimalkan Keuntungan

Sudah biasa bagi kita saat kita belum berpengalaman untuk mencari rahasia.
Kami menelusuri narasi masa lalu, dan kami berharap bisa meniru strategi serupa. Ini adalah cara lain untuk berpikir dari paralel yang ada, tapi ini adalah tindakan penyalinan daripada membangun di masa lalu.
Memahami sejarah sesuatu atau belajar dari pengalaman orang lain adalah cara yang sangat efisien untuk melewati kesalahan yang tidak perlu yang datang dengan pembelajaran praktis. Seringkali dibutuhkan pengetahuan umum yang bisa membuat orang lain menjadi lebih baik.
Masalahnya terjadi saat kita mencoba menduplikat keseluruhan cetak biru. Alih-alih menggunakan kebijaksanaan untuk belajar bagaimana memikirkan situasi kita dengan lebih baik, kadang-kadang, kita mengambil jalan keluar yang mudah. Kami mencoba menggunakan informasi tersebut untuk secara kaku membimbing apa yang kami lakukan seolah itu satu-satunya cara.
Tidak ada dua orang atau keadaan yang sama. Apa yang bekerja untuk orang lain kemungkinan tidak akan bekerja untuk Anda dengan cara yang sama. Ada banyak cara untuk mencapai tujuan. Kita semua memiliki kekuatan pribadi kita sendiri, dan kuncinya adalah mengenal mereka dan menggunakannya untuk keuntungan kita.
Tidak ada dua orang atau keadaan yang sama. Apa yang bekerja untuk orang lain kemungkinan tidak akan bekerja untuk Anda dengan cara yang sama.
Kasparov dikenal karena gaya permainannya yang agresif. Berlawanan dengan kepercayaan populer, dalam banyak hal, catur adalah permainan psikologi seperti halnya strategi, dan Kasparov sama hebatnya dengan kemampuannya mengalahkan lawan dalam perang psikologis karena ia memiliki keahlian sebagai ahli taktik.
Sebaliknya, Anatoly Karpov, archrival Kasparov, yang juga dianggap salah satu pemain terbesar yang pernah bermain, jauh lebih menyukai risiko. Dia memusatkan perhatian pada dewan direksi dan membiarkan strategi dimainkan dengan menangkap banyak sumber daya yang dia bisa tanpa judi besar.
Apa yang berhasil dilakukan Kasparov adalah kontraproduktif bagi Karpov, dan sebaliknya. Selain aturan umum dan pendidikan dasar, lebih efektif bagi setiap orang untuk mengenali dan memanfaatkan kekuatan mereka sendiri untuk memaksimalkan keuntungan mereka.
Contoh lain adalah Deep Blue, komputer IBM yang mengalahkan Kasparov pada tahun 1997. Sebagai mesin, ia benar-benar terlepas dari aspek psikologis permainan, namun dengan kekuatan perhitungan yang kasar, ini menunjukkan metode baru untuk menang.
Strategi tidak boleh menjadi model dari apa yang telah berhasil di masa lalu. Ini harus dididik, ya, tapi yang lebih penting, itu harus memiliki elemen kesadaran pribadi yang tertanam di dalamnya.

Semua yang perlu anda ketahui

Strategi harus lebih dari sekedar rencana yang kaku. Dalam dunia yang berubah dengan cepat, cara berpikir yang lebih baik mengenai strategi adalah sebagai visi yang terperinci namun fleksibel terhadap misi. Ini harus unik, dan harus dirancang untuk menyesuaikan diri.
Catur adalah salah satu permainan yang paling populer dalam bentuk apapun, dan pada intinya, ini adalah permainan perang. Dengan cara dinamis dan tak terbatas cara permainan ini dapat dimainkan, tentu saja, hal itu sangat bergantung pada penalaran yang efektif.
Garry Kasparov adalah legenda permainan, dan di luar hanya gerakannya di papan tulis, dia mencoba menunjukkan kepada kita bagaimana gagasan yang digunakan dalam catur dapat membantu kita berhasil dalam aspek kehidupan lainnya juga. Tidak semua orang berpikir seperti dia, tapi hampir semua orang akan lebih baik jika mereka melakukannya.
Tentu saja, lebih banyak dibutuhkan daripada sekedar strategi untuk mencapai sesuatu. Eksekusi, kebetulan, dan fleksibilitas memainkan peran mereka. Tapi itu dimulai di sini.
Meski catur bukan bisnis, politik, atau olahraga, modelnya bisa dipindahtangankan.
Ingin lebih?
Bergabunglah dengan saya di Design Luck. Di situlah saya berbagi wawasan unik tentang bagaimana menjalani kehidupan yang lebih baik dengan membedah sains, seni, dan bisnis. Saya pikir Anda akan menyukainya.
Layak dibaca?
Silahkan tekan tombol 💚 dan bagikan dengan teman. Ini membantu lebih banyak orang melihatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *